Beranda » Artikel Terbaru » Hari Raya Paskah

Hari Raya Paskah

Diposting pada 10 April 2021 oleh Kaldera

Selamat Hari Paskah Bagi Ummat Kristiani

Hari Raya Paskah – Semoga keajaiban Paskah mencerahkan hidup Anda dengan cinta, kebahagiaan, dan kegembiraan!

Tanggal 4 April 2021 kemarin, teman-teman Nasrani akan merayakan hari Paskah. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami, produsenetalase.com ingin mengucapkan selamat hari raya paskah bagi anda ummat kristiani, semoga kebaikan selalu menyertai anda.

Hari Raya Paskah

Hari Raya Paskah

Apa itu hari Paskah ?

Jika kita membuka KBBI mengenai Paskah, maka akan muncul pengertian tentang hari raya peringatan wafat dan kebangkitan Isa Almasih. Jika merujuk pada ulasan yang lebih luas, Paskah sendiri identik dengan Yesus, yang oleh Paulus disebt sebagai “anak domba Paskah”. Jemaat Kristen hingga saat ini percaya bahwa Yesus disalib, mati lalu dikuburkan, dan pada hari yag ketiga bangkit diantara orang mati.

Paskah merayakan hari kebangkitan tersebut dan merupakan perayaan terpenting karena memperingati peristiwa paling sakral dalam hidup Yesus, seperti yang tercatat dalam keempat Injil di Perjanjian Baru. Perayaan ini juga dinamakan Minggu Paskah, Hari Kebangkitan, atau Minggu Kebangkitan.

Lalu bagaimana kegiatan Paskah itu berjalan? Kegiatan apa saja yag dilakukan teman-teman Kristen ketika hari Paskah?

Pelaksanaan Hari Raya Paskah

Pada hari Paskah, di dalam gereja-gereja Kristen, terutama ritus latin, perayaannya dimulai pada hari Jumat Agung. Gereja-gereja biasanya menyelenggarakan kebaktian pada hari tersebut. Umat Katolik Roma biasanya juga berpuasa pada hari itu. Hal tersebut dilakukan sebagai rasa duka karena memperingati bagaimana penderitaan dan kematian Yesus di kayu Salib.

Gereja-gereja Protestan biasanya melanjutkan kebaktian dengan sakramen Perjamuan Paskah untuk memperingati Perjamuan Malam Terakhir Yesus. Lagu-lagu sendu seperti  Jangan Lupa Getsemani” juga dinyanyikan.

Sang pastor atau pendeta kadang-kadang memberikan kotbah singkat. Gereja Katolik Roma tidak merayakan Sakramen Ekaristi pada hari itu. Dalam situasi normal juga tidak dilayankan Sakramen Pengakuan Dosa dan Pengurapan Orang Sakit. (lebih lengkapnya lihat Jumat Agung)

Pada hari Sabtunya, gereja-gereja Kristen dan beberapa gereja Anglikan dan Lutheran juga menyelenggarakan kebaktian malam Paskah Dalam kebaktian itu, sebuah lilin Paskah dinyalakan untuk melambangkan Kristus yang bangkit; Exultet atau proklamasi Paskah dinyanyikan. Ayat-ayat Alkitab dari Perjanjian Lama yang menceritakan keluarnya bangsa Israel dari Mesir dan nubuatan tentang Mesias dibacakan.

Bagian kebaktian ini mencapai puncaknya dengan menyanyikan Gloria dan Alleluia, dan Injil tentang kisah kebangkitan dibacakan. Sama seperti kebaktian Jumat Agung, pastor atau pendeta kadang-kadang juga menyampaikan kotbah sesudah pembacaan Alkitab. Bagi gereja Katolik Roma, malam itu biasanya juga digunakan untuk sakramen baptisan kudus, malam penerimaan anggota jemaat gereja yang baru.

Untuk anggota jemaat yang lain. Mereka juga menerima percikan air suci sebagai lambang pembaruan iman kepercayaan mereka. Kebaktian pada gereja-gereja Katolik Roma kemudian dilanjutkan dengan sakramen Konfirmasi. Kebaktian kemudian diakhiri dengan sakramen Ekaristi.

LIHAT ARTIKEL LAINNYA DISINI

Kebaktian malam Paskah ini memiliki bermacam-macam variasi. Beberapa gereja mengadakannya pada Umat Protestan biasanya menggabungkan kebaktian malam Paskah dengan kebaktian Minggu pagi, yaitu mengikuti kisah di Injil yang menceritakan para wanita yang datang ke kubur Yesus pada pagi-pagi benar di hari pertama minggu itu.

Ada gereja yang menyelenggarakannya pada sekitar subuh (kebaktian subuh), dan biasanya dilangsungkan di luar ruangan seperti halaman gereja atau taman di dekat gereja, namun banyak pula yang merayakannya setelah matahari terbit. Kebaktian Minggu untuk memperingati kebangkitan Yesus ini (baik bersama-sama atau berbeda dari kebaktian subuh tersebut) dirayakan dengan sikap penuh sukacita, termasuk lagu-lagu yang dinyanyikan juga lagu yang bernuansa kemenangan.

Gereja-gereja yang cukup besar ada yang menggunakan instrumen-instrumen tiup (trompet, dsb.) untuk melengkapi instrumen-instrumen yang biasa digunakan. Kebanyakan gereja juga mendekorasi ruang ibadah dengan hiasan-hiasan dan bunga-bungaan (contohnya Bakung Paskah).

Mungkin sampai di sini ulasan mengenai hari Paskah yang begitu bermakna bagi teman-teman Kristiani kita. Semoga bermanfaat terutama bagi teman-teman yang masih belum mengetahui apa itu hari Paskah. Sekian dan terimakasih. Untuk artikel lainnya bisa dilihat di sini ….

Sekali lagi Produsen Etalase mengucapkan selamat merayakan Hari raya paskah bagi anda ummat kristiani, semoga anda menjadi manusia yang berbahagia dan selalu menyebarkan kasih terhadap sesama.

Bagikan informasi tentang Hari Raya Paskah kepada teman atau kerabat Anda.

Hari Raya Paskah | Pasang Kusen Aluminium , Pasang Rolling Door , Pasang Folding gate , Yogyakarta , Klaten , Magelang

Belum ada komentar untuk Hari Raya Paskah

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Temukan Kami
WhatsApp chat
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan