Beranda » Artikel Terbaru » Jenis Kusen Pintu

Jenis Kusen Pintu

Diposting pada 26 September 2023 oleh Kaldera

Pilihan Material Kusen Pintu Terbaik

Saat membangun rumah, tentu kalian pasti mempertimbangkan segala jenis material terbaik demi mendapatkan hasil yang memuaskan, termasuk material untuk kusen pintu maupun jendela.

Ditambah lagi, kusen adalah komponen penting bagi rumah agar pintu dan jendela dapat menempel pada tembok dengan baik dan rapih.

Pemilihan material kusen pintu yang baik tidak hanya memperhitungkan dari segi teknis, namun juga harus memperhitungkan dari segi nilai ekonomisnya.

Material kusen yang tepat tentu akan membuat pintu dan jendela rumah kita menjadi awet dan berfungsi dengan baik bahkan hingga puluhan tahun.

Berikut ini adalah beberapa material kusen pintu dan jendela yang biasa digunakan serta kelebihan dan kekurangannya yang telah admin produsen etalase rangkum.

Jenis-Jenis Material Kusen Pintu dan Jendela

1.Kusen kayu

Saat ini kebanyakan rumah rumah di Indonesia menggunakan kusen berbahan kayu untuk pintu maupun jendela mereka. Hal ini dikarenakan sejak dulu hingga sekarang, kayu merupakan elemen bangunan yang wajib digunakan pada sebuah rumah.

Selain mudah ditemukan, kayu juga relatif lebih murah. Selain itu juga dapat dibentuk sesuai keinginan menyesuaikan dengan desain rumah yang dipilih. Baik itu klasik, modern , minimalis maupun mewah.

jenis bahan kusen

Material Kusen Kayu

2. Kusen Vinyl

Material vinyl sebenarnya dibuat dari bahan PVC (Polyvinyl chloride) yang juga biasa digunakan untuk membuat pipa plastik. Material ini juga mulai banyak digunakan pada konstruksi bangunan . Selain harganya yang murah, kusen vinyl juga dapat meredam suhu panas dengan baik.

Akan tetapi , dari segi ketahanan , material vinyl tidak sekokoh dan sebaik material kayu . dari segi kekuatannya pun material ini tidak sekuat material lainnya meskipun dibuatĀ  dengan desain terbaik.

material kusen pintu

Contoh Kusen Vinyl

3. Kusen Aluminium

Jika kalian lebih mengedepankan daya tahan material , maka Kusen aluminium adalah pilihan terbaik.

Tampilannya yang lebih modern dapat dipadu padan dengan berbagai jenis gaya desain. Material aluminium juga bisa menghasilkan pencahayaan yang bagus, terutama jika materialnya tidak dicat.

Masalah daya tahan tentu tidak perlu dikhawatirkan lagi karena material ini tidak akan rusak oleh panas matahari maupun hama rayap.

bahan kusen pintu

Contoh Kusen Aluminium

lebih banyak seputar Kusen aluminium

4. Kusen Fiberglass , faktor yang paling menguntungkan saat memilih material fiberglass sebagai kusenĀ  adalah daya tahan dan juga kemudahan dalam perawatannya.

Daya tahan material ini mirip seperti yang ditawarkan pada material vinyl namun masih lebih baik fiberglass. Selain tahan terhadap cuaca extreme fiberglass juga tahan terhadap perubahan suhu ruangan.

Namun , material fiberglass memiliki beberapa kekurangan seperti tampilan yang tidak terlalu menarik bahkan terkesan biasa saja dan sedikit membosankan. Selain itu harga material ini ternyata juga lumayan mahan meskipun masih dibawah aluminium.

kusen pintu fiberglass

contoh material fiberglass

5. Kusen Cor Beton

Material ini juga banyak digunakan sebagai alternatif kusen pintu dan jendela. Para pengrajin kusen cor beton ini dibuat dengan menggunakan metode cetak kemudian disambung menggunakan paku atau kawat.

Beberapa kelebihan dari material ini lumayan banyak seperti ukuran yang tidak mudah menyusut, anti rayap, tidak keropos, mudah dibentuk di awal, bisa menahan beban yang berat serta tahan cuaca extreme.

Namun , material ini juga memiliki beberapa kekurangan yaitu sangat berat, sulit diubah jika sudah dipasang, bagian engsel masih menggunakan material kayu yang mudah keropos.

jenis bahan kusen

contoh kusen cor beton

6. Kusen Bajaringan, kusen berbahan bajaringan juga bisa kita jadikan opsi lho untuk pintu dan jendela rumah kita. Kualitasnya lumayan kuat dan dari segi harga masih dibawah kusen aluminium.

Kekurangan material ini adalah jika lapisan anti karat pada bajaringan itu terkelupas maka material ini bisa berkarat dan keropos.

Demikian beberapa jenis-jenis material yang bisa anda pilih untuk dijadikan kusen pintu dan jendela dirumah anda.

Simak artikel terbaru dari kami www.produsenetalase.com

Semoga bermanfaat , terima kasih

Bagikan informasi tentang Jenis Kusen Pintu kepada teman atau kerabat Anda.

Jenis Kusen Pintu | Pasang Kusen Aluminium , Pasang Rolling Door , Pasang Folding gate , Yogyakarta , Klaten , Magelang

Belum ada komentar untuk Jenis Kusen Pintu

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Temukan Kami
WhatsApp chat
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan