Beranda » Artikel Terbaru » Tips Merawat Rolling Door

Tips Merawat Rolling Door

Diposting pada 20 September 2020 oleh Kaldera

Tips Merawat Rolling Door Supaya Lebih Awet

Tips Merawat Rolling Door – Sebuah Pintu garasi biasanya memiliki ukuran pintu yang cukup besar. Ada yang menggunakan Pintu Folding Gate, Pintu Lipat Henderson dan banyak juga yang memakai rolling door.

Selain melindungi kendaraan pribadi dari kerusakan, Pintu garasi juga menjaga aset dari pencuri. Tidak hanya itu saja ternyata, banyak penghuni rumah yang kerap menjadikan garasi sebagai gudang darurat untuk menyimpan barang-barang.

Tips Merawat Rolling Door

Tips Merawat Rolling Door

Seperti, perkakas, perabotan yang tidak terpakai, dan masih banyak lagi. Itulah mengapa pintu garasi harus memiliki system keamanan yang baik, kuat dan awet.

Pada kesempatan kali ini produsenetalase.com akan membahas tentang salah satu pintu garasi yang paling banyak digunakan, yaitu Rolling Door.

Jenis Pintu Rolling Door yang Sering Digunakan

Pintu Rolling door adalah pintu bergulir dan daunnya berupa slat atau lembaran utuh yang dirakit secara horizontal/dari samping.dan pengoperasian secara vertikal/naik turun. Ada 3 jenis Pintu Rolling door yang sering dipakai yaitu manual, chain block dan juga elektrik.

  • Pada Rolling door Manual, tenaga utamanya adalah per spring dan pully yang dirakit dalam box untuk tebal dibawah 1 mm.
  • Sedangkan Rolling door chain block menggunakan alat bantu katrol atau alat kerek tanpa kelistrikan namun mampu menopang beban yang berat.
  • Sedangkan Rolling door elektrik menggunakan alat bantu mesin yang menggunakan kelistrikan remote control,namun bisa juga secara manual mirip chain block..

Kali ini kita akan bahas tentang bagaimana system kerja rolling door manual karena memang jenis yang paling umum digunakan. Berbeda dengan Rolling door elektrik atau chain block , Biasanya pintu jenis ini digunakan untuk pergudangan, kios-kios besar, gerbang pabrik ,workshop dll.

Tips Merawat Rolling Door

Tips Merawat Rolling Door

Meskipun tampak kokoh, bukan berarti pintu garasi rumah tersebut tidak perlu dirawat. Dibalik kemudahan dan kepraktisan dalam pengoperasiannya, rolling door memiliki beberapa bagian yang cukup rumit.

Komponen Pintu Garasi Rolling Door

Ada beberapa komponen dan bagian penting agar rolling door dapat berfungsi dengan baik, di antaranya:

  1. Pilar Samping. Tiang yang berada di sisi kiri dan kanan. Berfungsi sebagai guide rail, untuk penahan dan rel jalan saat pintu dioperasikan digulung atau diulur.
  1. Pilar As. Besi kokoh yang menjadi tumpuan berat beban. Bagian ini umunya terintegrasi dengan box rollingĀ  yang menjadi pengendali mekanikan dari jenis pintu gulung.
  1. Slat Daun. Bagian besar dan lebar yang menjadi daun pintu dari rolling door itu sendiri. Untuk rolling door elektrik, terdapat part tambahan yakni gear motor yaitu, motor penggerak, chain atau rental serta push button.

Bila malas merawatnya, kamu pun akan kesusahan untuk membuka pintu karena jalannya rel yang macet. Apalagi berat pintu garasi bisa mencapai 250 kg dan dapat membahayakan. Hal ini akan membuatĀ Rolling door berat , Rolling door Seret , Rolling door Macet. Maka dari itu penting sekali untuk mengetahui Tips Merawat Rolling Door dan memastikan pintu garasi rolling door tetap aman digunakan.

Cara Merawat Rolling door Dengan Benar

Barang yang tidak pernah dirawat tentu akan menyebabkan kerusakan pada bagian-bagian tertentu. Semakin lama, maka akan semakin parah kerusakan yang didapat. Pada akhirnya, barang tersebut tidak dapat digunakan kembali. Seperti halnya merawat rolling door, perlu perawatan agar selalu bersih dan awet serta tahan lama.

Pintu Rolling door manual sebenarnya sangat mudah perawatannya. Tips yang pertama adalah Tidak menggunakannya secara kasar atau secara perlahan. Dan pada saat menaikkan tidak dibanting itu sudah bagian dari perawatan.

Yang Kedua adalah Sering membersihkan kotoran yang mengganggu rel seperti benda-benda yang menghalangi jalannya pintu dan rutin memberikan pelumas seperti minyak, oli dll. Supaya lebih jelas, mari kita bahas satu per satu.

Tips Merawat Rolling Door`

Tips Merawat Rolling Door

Berikut adalah Tips Merawat Rolling Door

  1. Perhatikan Posisi Bagian Kanan dan Kiri rolling door. Tips yang pertama adalah saat kamu ingin membuka rolling door sebaiknya perlahan-lahan dan memperhatikan bagian-bagiannya. Perhatikanlah bagian kanan dan kiri rolling door. Jika berada di samping kiri atau kanan, hal ini akan mengakibatkan miringnya daun rolling door. Lalu hal ini juga bisa mengakibatkan stopper/kupingannya akan tersangkut. Hal ini mengakibatkan rusak pada bagian tersebut.
  2. Sebaiknya Menarik Rolling Door dengan Dua Tangan. Jika hanya salah satu bagian rolling door yang di turunkan ini akan mengakibatkan rel rolling door tidak berjalan bersamaan. Efek kerusakannya tidak langsung. Tetapi, lama kelamaan pulley alias roda pada rolling door akan rusak sebelah.
  3. Pemakaian Rolling Door Sebaiknya Tidak Dibanting. Tips merawat rolling door selanjutnya adalah mengurangi energi atau kecepatan pada saat membuka maupun menutup rolling door. Jika kamu menutup atau menariknya dengan cara dibanting atau dilepas. Hal ini akan mengakibatkan hentakan pada spring/per roda dan pipa sehingga terjadi kerusakan pada bagian tersebut.
  4. Lakukan Pemakaian yang Benar dan Wajar. Agar rolling door tetap awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Lakukanlah pemakaian yang benar dan wajar.
  5. Berikan Pelumas pada Rolling Door. Selain cara penggunaan, perhatikan juga pemberian pelumas seperti oli untuk rel rolling door secara berkala. Minimal satu bulan sekali. …Minyak pelumas rolling door…
  6. Slat Daun Tidak Naik dengan Rata. Ketika situasi ini dialami olehmu, sebaiknya jangan menutup rolling door secara terpaksa. Tipsnya adalah, angkat kembali rolling door dengan kedua tangan, kemudian tarik kembali secara perlahan berbarengan ke bawah. Ingat, jangan dibanting, ya!
  7. Pastikan Lintasan Bebas dari Sampah. Tips yang terakhir adalah mengosongkan lintasan rolling door. Ini seharusnya sudah jadi tugas utama ketika kamu akan membuka atau sekedar menutup rolling door. Sebab, puing-puing sampah kecil yang bertebaran nantinya akan semakin menumpuk dan membuat lintasan rel jadi susah untuk ditutup atau dibuka.

Simak artikel dari produsen etalase lainnya semoga bisa menambah wawasan anda mengenai pintu rolling door. terima kasih

Baca Juga : Pasang Folding Gate Yogyakarta
Baca Juga : Pasang Rolling Door Murah

Bagikan informasi tentang Tips Merawat Rolling Door kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Merawat Rolling Door | Pasang Kusen Aluminium , Pasang Rolling Door , Pasang Folding gate , Yogyakarta , Klaten , Magelang

1 komentar untuk Tips Merawat Rolling Door

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Temukan Kami
WhatsApp chat
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan