Beranda » Artikel Terbaru » Peristiwa Penting Bulan Agustus

Peristiwa Penting Bulan Agustus

Diposting pada 12 Agustus 2021 oleh Kaldera

5 Peristiwa Penting Dunia di Bulan Agustus

Peristiwa Penting Bulan Agustus- Pada kesempatan kali ini produsenetalase.com ingin membahas tema yang sedikit berbeda dari biasanya. Untuk menyambut hari kemerdekaan Negara Indonesia, kami ingin mengulas seputar beberapa peristiwa penting yang terjadi pada bulan Agustus.

Bulan Agustus merupakan salah satu bulan penting bagi bangsa Indonesia, karna pada bulan inilah Indonesia mendapatkan kemerdekaannya sebagai Negara yang berdaulat. Tapi, bukan hanya Indonesia saja yang mengistimewekan bulan Agustus, peristiwa-peristiwa penting di belahan dunia lain pun ternyata terjadi pada bulan ini. Apa saja? Yuk, mari kita ulas…

 

5 Peristiwa Penting Bulan Agustus

  1.  4 Agustus 1914, Perang Dunia I : Inggris menyatakan perang terhadap Jerman

Peristiwa besar yang terjadi pada awal bulan Agustus 1914 ini terjadi akibat sengketa berkepanjangan di pusat Eropa. Perang Dunia I atau Perang Dunia Pertama melibatkan kekuatan-keuatan besar dunia, antara dua aliansi yang bertentangan satu sama lain, adalah pihak sekutu yang terdiri dari Britania Raya, Prancis dan Rusia, sedangkan dari pihak Blok Sentral atau terpusat yakni Jerman, Austria-Hungaria dan Italia.

Sebenarnya perang ini sudah terjadi sebelum Inggris menyatakan secara resmi pada 4 agustus 1914. Seperti perang pada umumnya, sebab awal timbulnya perang terjadi akibat perebutan kekuasaan wilayah yang berdampak pada tingkat ekonomi suatu Negara. Faktor-faktor yang saling berkaitan  seperti konflik dan permusuhan dari empat dekade menjelang perang seperti Militerisme, aliansi, imperialisme dan nasionalisme.

Peristiwa Penting Bulan Agustus

Peristiwa Penting Bulan Agustus

BACA ARTIKEL LAINNYA : KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN

Begitupun sama dengan apa yang terjadi pada perang dunia yang menimbulkan tidak sedikit korban jiwa selama terjadinya perang. Lebih dari 9 juta prajurit gugur dalam peristiwa tersebut. Perang Dunia I merupakan konflik paling mematikan keenam sepanjang sejarah perang dunia.

Disamping konflik-konflik tersebut, asal muasal deklarasi perang mengacu pada pembunuhan putra mahkota Austria-Hungaria Franz Ferdinand dan istrinya oleh Gravilo Princip. Gravilo sendiri merupakan salah satu dari enam pembunuh dari Serbia dan Bosnia. Tujuan dari pembunuhan yang mengakibatkan pecahnya Perang Dunia I ini adalah memerdekakan provinsi-provinsi Austria-Hungaria yang bertujuan untuk menyatukannya agar menjadi Negara Yugoslavia.

  1.  2 Agustus 1934, Adolf Hitler menjadi kepala Negara Jerman dengan gelar Fuhrer

Adolf Hitler dikenal oleh masyarakat luas sebagai pemimpin diktator yang kejam pada masa pemerintahannya. Hitler sendiri lahir di Austria 20 April 1889 dan mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri pada 30 April 1945.

Hitler didapuk menjadi pemimpin Partai Nazi kala itu. Partai Nazi merupakan Partai Buruh Nasional-Sosialis Jerman, salah satu partai politik di Jerman yang menjadi kekuatan politik utama sejak jatuhnya Republik Weimar. Hitler dipilih menjadi kanselir (kepala pemeritahan Jerman) oleh Paul Von Hindenburg  pada tahun 1933 yang setelahnya dia menyandang gelar Fuhrer (pemimpin/panutan) pada 2 Agustus 1934 .

Peristiwa Penting Bulan Agustus

Peristiwa Penting Bulan Agustus

Selama kepemimpinannya yang berlangsung dari tahun 1933-1945, Hitler mengawali Perang Dunia II di Eropa dan menginvansi Polandia di tahun 1939. Hitler termasuk dalam tokoh central operasi militer selama perang dan perencana pembunuhan besar-besaran (baca: genosida) kepada kaum Yahudi dan jutaan korban lainnya.

BACA ARTIKEL LAINNYA : PERBEDAAN ALUMINIUM DAN UPVC

Genosida kaum Yahudi terjadi karena adanya ideologi Nazi yang menekankan kemurnian ras orang-orang Jerman dan menyingkirkan kaum yang dianggap sebagai ras atau kaum yang tak pantas untuk hidup (Labensunwertes Leben) yang diantaranya kaum Yahudi, Slavia, Rom dan Homoseksual.

Adapun saksi-saksi Yehwa, orang disabilitas, serta para komunis juga tidak luput dari incaran ideologi Nazi tersebut. Dengan ideologi yang ada pada tubuh Nazi, terjadilah pembunuhan sisematis atas 6 juta kaum Yahudi dan  5 juta orang lainnya (orang Roma, Polandia, dan Rusia). Kebijakan yang dilakukan oleh Hitler untuk membangun kekaisaran di Eropa tersebutlah yang menyebabkan Perang Dunia II pecah.

 

  1. 9 Agustus 1945, Perang Dunia II : Kota Hiroshima dan Nagasaki dihancurkan bom atom oleh “Fat Man” yang dijatuhkan oleh pesawat Amerika serikat

Peristiwa Penting Bulan Agustus lainnya terjadi pada 9 Agustus 1945 termasuk dalam peristiwa penting dari cikal bakal kemerdekaan Indonesia setelahnya. Pengeboman terjadi kala Perang Dunia II atau PD II masih berlangsung kala itu, di mana pihak sekutu (Amerika Serikat, Britania Raya, Uni Soviet dan Tiongkok) telah menaklukan Jerman dan Itali (pihak Poros) untuk kemudian mengincar Jepang untuk ditaklukkan.

Perang yang terjadi di Eropa berakhir ketika Jerman (Nazi) telah dikalahkan dengan menandatangani instrument penyerahan diri kepada pihak sekutu, tetapi berbeda dengan Jepang yang menolak untuk menyerah kepada sekutu dengan tanpa syarat.

Akibatnya perang Pasifik terus berlanjut dan Amerika serikat bersama Britania Raya dan Tiongkok mengultimatum pasukan Jepang untuk menyerah yang terdapat dalam Deklarasi Postdam dengan ancaman jika menolak maka Jepang akan dilanda kehancuran secara cepat dan besar. namun Jepang mengabaikan ultimatum tersebut.

Peristiwa Penting Bulan Agustus

Peristiwa Penting Bulan Agustus

BACA ARTIKEL LAINNYA : 5 MODEL PINTU MINIMALIS

Dan pada tanggal 9 Agustus 1945, Amerika Serikat menjatuhkan Bom Atom di kota Hiroshima dan Nagasaki yang menandai babak akhir dari Perang Dunia II. Bom tersebut dijatuhkan Amerika Serikat atas persetujuan Britania Raya yang terdapat dalam Perjanjian Quebec (perjanjian Amerika Serikat dan Britania Raya mengenai pengembangan ilmu dasar dan teknologi nuklir, secara khusus senjata nuklir pada Perang Dunia II).

Akibat peristiwa tersebut, Jepang kehilangan sedikitnya 129.000 jiwa warganya dan peritiwa tersebut  merupakan penggunaan senjata nuklir untuk yang pertama dan terakhir kalinya. Peristiwa tersebut dimanfaatkan oleh Indonesia untuk melepaskan diri dari penjajahan Jepang ketika Jepang menyerah kepada sekutu pada 16 Agustus 1945, Soekarno memproklamirkan keerdekaan Indonesia setelahnya pada tanggal 17 Agustus 1945.

  1. 17 Agustus 1945, hari kemerdekaan Indonesia

Sebagai bangsa Indonesia sudah sepatutnya mengetahui hari di mana Indonesia mendapatkan kemerdekaannya. Setelah melalui proses yang panjang dalam perjalannya, pada hari Jum’at kala itu, tanggal 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno memproklamirkan kemerdekaan Indonesia dengan didampingi Moh. Hatta bertempat di rumah pemberian Faradj Martak (saudagar Arab-Indo) tepatnya berada di jalan Pegangsaan Timur No.56 Jakarta Pusat.

Sebelum tiba pada hari bersejarah tersebut, diadakan perundingan yang dijalankan oleh dua pelopor yakni golongan muda dan golongan tua untuk menyusun teks proklamasi kemerdekaan Indonesia pada pukul 02.00 sampai 04.00 dini hari.

Para tokoh penyusunan teks proklamasi tersebut antara lain Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta dan Achmad Soebardjo. Konsep dari teks proklamasi itu sendiri ditulis langsung oleh Seokarno. Di ruang depan hadir pula B. M. Diah, Sayuti Melik, Sukarni dan Soediro.

Peristiwa Penting Bulan Agustus

Peristiwa Penting Bulan Agustus

Teks proklamasi untuk kemudian di ketik oleh Sayuti Melik dan di pagi harinya, 17 Agustus 1945 di kediaman Soekarno hadir para tokoh lain seperti Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani dan Trimurti. Pembacaan teks proklamasi dilakukan pukul 10.00 oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks.

Untuk selanjutnya Pengibaran bendera Merah putih yang telah dijahit oleh Fatmawati dilaksanakan. Bendera tersebut masih tersimpan rapi di monument nasional sampai saat ini. Teks proklamasi yang dibacakan oleh Soekarno langsung menyebar ke seluruh penjuru Nusantara, dan pada hari itu Indonesia resmi mendapatkan kemerdekaannya.

  1. 14 Agustus 1947, hari kemerdekaan Pakistan dari jajahan Britania Raya

Bukan hanya Indonesia saja yang mendapatkan kemerdekaan di bulan Agustus. Bangsa Palestina pun meraih kemerdekaannya dari Britania Raya atau sekarang lebih dikenal dengan nama Inggris pada bulan tersebut, tepatnya pada 14 Agustus 1947, 2 tahun setelah merdekanya bangsa Indonesia dari penjajahan Jepang. Tanggal tersebut menjadi tanggal libur nasional di Pakistan sebagai tanggal sejarah kemerdekaan Negara tersebut.

Peristiwa Penting Bulan Agustus

Peristiwa Penting Bulan Agustus

Sejarah dari Pakistan itu sendiri dimulai dari peninggalan-peninggalan yang membawa kesimpulan bahwa Pakistan merupakan bagian dari situs kebudayaan kuno seperti budaya Neolitik ( zaman batu muda), Mehrgarh dan peradaban lembah sungai Indus.

Pakistan meraih kemerdekaannya pada 1947 dan terlepas dari jajahan Britania Raya setlah gerakan yang dipimpin oleh Ali Jinnah menginginkan Negara yang merdeka dari barat dan timur dari Britania Raya yang mana Negara-negara tersebut didominasi oleh kaum muslim.

Itulah sejarah singkat mengenai lima peristiwa penting di bulan Agustus yang berhasil kami rangkum versi Kaldera Steel. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa sempatkan waktu walau hanya satu menit untuk membaca segala hal untuk menambah pengetahuan pada diri kita ya..

Hidup di zaman yang penuh dengan berbagai macam informasi tentunya sedikit demi sedikit melatih diri sendiri untuk pandai memilah mana yang harus dibuang dan mana yang harus dikonsumsi.. salam hangat dan selamat merayakan 76 tahun kemerdekaan Indonesia.

Bagikan informasi tentang Peristiwa Penting Bulan Agustus kepada teman atau kerabat Anda.

Peristiwa Penting Bulan Agustus | Pasang Kusen Aluminium , Pasang Rolling Door , Pasang Folding gate , Yogyakarta , Klaten , Magelang

Belum ada komentar untuk Peristiwa Penting Bulan Agustus

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Temukan Kami
WhatsApp chat
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan